Connect with us

Cara Stem Gitar Biar Bunyinya Yahud

Cara Stem Gitar

Uncategorized

Cara Stem Gitar Biar Bunyinya Yahud

Gitar merupakan alat musik sejuta umat. Hampir tiap rumah di Indonesia pasti punya alat musik ini. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara stem gitar. Sehingga bunyi dari piranti musik ini pun terdengar kurang yahud.

Gitar bisa dimainkan sendiri ataupun bisa digunakan untuk mengiringi nyanyian suara (vokal). Selain itu, kelengkapan nada yang bisa dijangkau oleh alat musik ini menyebabkan gitar menjadi alat musik yang sangat populer.

Harganya pun relatif terjangkau bila dibandingkan dengan alat musik lainnya.

Lalu, bagaimana cara supaya gitar kalian menjadi merdu dan mendayu? Gampang, cukup distem sesuai solmisasi. Caranya? Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  • Pilih senar yang oktafnya paling tinggi.

Senar yang oktafnya paling tinggi biasanya adalah senar pertama dari bawah. Nada yang dihasilkan oleh senar ini seharusnya berada di jangkauan nada e atau mi.

Kalian bisa menggunakan garpu tala jika punya. Jika tidak ada, bisa mencocokkan bunyi senar dengan suara penyanyi yang bisa menembak nada dengan tepat. Kalau tidak ada, kalian bisa bandingkan dengan gitar yang sudah distem.

  • Lanjut ke senar-senar berikutnya secara berurutan.

Setelah senar pertama sudah berada di nada e atau mi. Maka senar kedua harus distem juga. Tekanlah fret kelima, jika suaranya sudah sama dengan senar yang pertama, maka tembakan nadanya sudah tepat.

Lakukan hal tersebut hingga senar keenam.

  • Mainkan kord.

Jika nada per senar sudah disetel dengan benar, cobalah mainkan kord. Misalnya kord C, F, dan G. Kalau sudaranya terdengar pas sesuai nada, maka stem gitar kalian sudah benar. Tapi jika ternyata tidak pas, ada dua kemungkinan. Pertama stem kalian tidak benar, kedua gitarnya sudah rusak.

Susunan nada pada senar gitar pertama hingga keenam adalah e, B, G, D, A, E. Kini di era teknologi, kalian bisa melakukan stem gitar dengan lebih mudah. Caranya, tinggal download saja aplikasi tuner gitar di playstore. Cukup petik senar di dekat smartphone, maka aplikasi tersebut akan memberitahu kalian senar tersebut sedang membunyikan nada apa.

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

Facebook

HITZ!

Advertisement webdewa
To Top