Connect with us
SBOHOKI

Ini Alasan di Balik Isi Keripik yang Setengah dari Bungkusnya Berisi Angin

keripik kentang

Fun

Ini Alasan di Balik Isi Keripik yang Setengah dari Bungkusnya Berisi Angin

Ini Alasan di Balik Isi Keripik yang Setengah dari Bungkusnya Berisi Angin

Viralnesia– Siapa sih yang nggak doyan makan snack di waktu lagi nyantai? Namun, bagi snack holic tentu sudah tak asing jika kebanyakan makanan kemasan tersebut tidak berisi penuh. Ya, bisa dibilang lebih banyak angin yang berada di dalam bungkusnya ketimbang isinya.

Nah, sering kali kita kecewa karena hal demikian, namun tahukah kamu alasan di balik lebih banyaknya angin daripada isi dalam snack tersebut?

Dilansir dari Detik Food, alasan jumlah pengisian angin yang lebih banyak daripada isi snack  tersebut memiliki maksud yang baik lho. Sebagian orang pasti berpikir jika udara yang diisikan ke dalam snack tersebut adalah oksigen biasa. Namun sebenarnya udara tersebut adalah nitrogen.

snack angin

pengisian angin di snack ternyata agar makanan tidak basi dan lembab (Dok. Istimewa)

Nah, pengisian nitrogen tersebut dilakukan agar keripik tidak mengalami fase basi ataupun lembab. Hal tersebut akan berbeda jika keripik diisi bersamaan dengan oksigen. Ternyata snack akan lebih mudah basi dalam waktu yang cukup singkat lho.

Dikutip dari NDTV Food, oksigen dapat mengakibatkan basi pada keripik dikarenakan kandungan udara tersebut sangat lah reaktif dan memiliki kecenderungan untuk bergabung dengan molekul lainnya. Walhasil, keripik akan mengalami basi dalam waktu beberapa hari atau hitungan jam saja. Sementara itu, nitrogen pun sangat stabil dan tidak memiliki sifat reaktif. Alhasil, udara tersebut dipercaya untuk menyimpan makanan dari dulu hingga kini.

Bahkan, berbagai produsen keripik kentang pun juga menyatakan hal yang lebih menakjubkan lagi. Nitrogen ternyata mampu membuat keripik kentang menjadi lebih panjang usianya. Diperkirakan batas 40 sampai 55 hari lamanya. Menariknya lagi, keripik akan tetap renyah meski tidak ditambahkan dengan pengawet buatan.

keripik kentang

nitrogen membuat makanan tidak cepat basi dan lembab (Dok. Istimewa)

Selain itu, menurut Detik Food, alasan lain dari penambahan nitrogen tersebut adalah untuk mencegah makanan dari kerusakan. Sederhananya ketika makanan kemasan tersebut dibawa ke mana-mana, ia akan tetap awet karena adanya penggelembungan di isinya. Barangkali rusaknya kemasan tersebut hanya karena terpecah menjadi kepingan kecil saja. Bukan kerusakan yang sangat signifikan.

Nah, dari penjelasan ini kita tak perlu lagi deh berburuk sangka dengan produsen keripik. Dengan adanya nitrogen, keripik kita akan selalu terjaga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ini bukan akal-akalan dari sang produsen untuk membuat keuntungan berlipat lho ya. Jika kalian menginginkan isi yang banyak, jelas dong berarti kamu harus beli keripik lebih dari satu bungkus tuh.

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement SBOHOKI
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Fun

Facebook

HITZ!

Advertisement
SBOHOKI
SBOHOKI
To Top