Connect with us
SBOHOKI

Ini Jawabannya! Mengapa Spanduk Lesehan Lamongan Sama Semua

pecel lele

Fun

Ini Jawabannya! Mengapa Spanduk Lesehan Lamongan Sama Semua

Pecinta kuliner tentu sangat akrab dengan warung pecel lele Lamongan yang sederhana, dimana tenda dengan pancaran sinar petromax membuat kenikmatan makanan yang disajikan oleh warung ini semakin lezat. Namun, siapa sangka jika kebanyakan warung pecel lele Lamongan ini ternyata memiliki spanduk yang sama.

Gambar ayam, lele, ikan, bebek, dan lain-lain menghiasi selembar kain putih dengan frame hijau, kuning, orang yang sangat identik dengan warung satu ini. Nah, ternyata kekompkana para penjaja hidangan ekonomis ini sengaja membuat desain yang sama agar memiliki ciri khas yang berbeda dan tidak mirip dengan spanduk penjual lainnya.

Disarikan dari berbagai sumber, spanduk demikian tersebut memang digunakan khusu untuk beberapa warung di Lamongan, Jawa Timur sejak tahun 1952. Singkat cerita, hal tersebut dimulai ketika para pedagang makanan khas Lamongan tersebut berada di Jakarta dan membentuk paguyuban sendiri. Mereka pun secara rutin juga mengadakan perkumpulan sesama pedagang setidaknya satu bulan sekali.

Pecel Lele

(Dok. Istimewa)

Desain ini ternyata sudah disepakati dan telah menyebar dari mulut ke mulut sehingga setiap pedagang yang mau membuka usaha akan mengikuti pola spanduk yang ada. Dulunya, spanduk tersebut dibuat dengan cara dilukis, namun seiring bergesernya waktu, teknik-teknik pencetakan pun juga telah mulai banyak dipakai oleh sebagian penjaja hidangan istimewa tersebut.

Padahal, sebenarnya hal ini didesain secara sengaja agar makanan tersebut dilirik. Selain warnanya yang ‘aduhai’, kebanyakan spanduk lesehan Lamongan pun juga memiliki ukuran¬† sebesar gaban. Banyak dari mereka pun tak begitu mempersoalkan desain spanduk karena sudah menjadi bukti bahwa tanpa desain yang kekinian, lesehan Lamongan pun sukses menjadi primadona sebagai sahabat lapar semua orang.

 

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement SBOHOKI
You may also like...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Doyan ‘Banget’ Minum Dawet? Cobain deh Varian Satu Ini… – Viralnesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Fun

Facebook

HITZ!

Advertisement
SBOHOKI
SBOHOKI
To Top