Connect with us

Jumlah Kafein Yang Diperbolehkan Per Hari

Kafein

Uncategorized

Jumlah Kafein Yang Diperbolehkan Per Hari

Masyarakat kelas menengah Jakarta kini sangat menyukai kopi. Bahkan, minuman ini menjadi salah menu utama dan favorit dari masyarakat. Buktinya adalah mulai banyaknya coffee café yang bermunculan.

Hanya dalam waktu setengah dekade saja, pertumbuhan kedai kopi di Indonesia bertambah sangat cepat. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa jumlah peminum kopi di Indonesia meningkat hingga delapan persen. Padahal, jumlah peminum global cuma enam persen saja.

Bagi anak-anak muda, kopi bisa menjadi mood booster. Artinya, kopi mampu meningkatkan produktivitas. Bahkan kopi bisa membuat anak muda bergairah untuk melakukan kegiatan yang produktif.

Seorang pengamat gaya hidup dan pemerhati kuliner, Kevindra Soemantri mengatakan bahwa saat ini, minum kopi sudah menjadi trend dan life style. Inilah dorongan utama para generasi muda.

Dorongan utama inilah yang membuat perekonomian di industri ini tetap berputar. Sebab, generasi muda secara suka rela mau membayar lebih mahal untuk memesan kopi daripada air putih atau jenis minuman lainnya.

Selain itu, kedai kopi atau coffee café biasanya menjadi tempat atau meeting point anak-anak muda. Ada banyak kegiatan positif yang dilakukan di tempat tersebut. Misalnya saja diskusi, launching buku, musik akustik atau band, hingga pameran seni rupa.

Kopi yang dihadirkan pun kopi-kopi premium. Mulai dari kopi Aceh, Temanggung, Flores, hingga Papua. Tapi, jangan minum kopi terus loh, soalnya minuman ini mengandung kafein yang cukup tinggi.

Kafein

Nah, berapa sih jumlah kafein yang diperbolehkan untuk dikonsumsi selama satu hari?

Melansir dari Rakyat Merdeka (19/11), dokter spesialis penyakit dalam, dr. Annisa Maloveny menyatakan bahwa normalnya, konsumsi kafein untuk orang dewasa adalah sebanyak 300-400 miligram per hari atau 3 – 4 cangkir per hari.

Menurut dokter Annisa, jika konsumsi kafein terlalu berlebihan maka akan memiliki dampak negatif bagi tubuh. Misalnya saja insomnia, obesitas, tekanan darah tinggi, dan asam urat. Oleh sebab itu, bagusnya minum kopi secukupnya saja.

Karena dalam jangka waktu yang panjang, kelebihan kafein dapat mengakibatkan kerusakan tulang yang parah serta daya ingat menjadi terganggu.

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

Facebook

HITZ!

Advertisement webdewa
To Top