Connect with us

Lima Manfaat Hidung Yang Tidak Pernah Kamu Perhatikan

Lima Manfaat Hidung

Fun

Lima Manfaat Hidung Yang Tidak Pernah Kamu Perhatikan

Hidung merupakan salah satu anggota dari Panca Indra. Layaknya Power Rangers, tidak ada ranger yang posisinya lebih tinggi dari ranger lain. Hanya saja, ranger merah lebih populer. Begitu juga indra, karena biasanya yang lebih populer adalah indra mata. Maka indra lainnya, seperti hidung, telinga, dan dua lainnya dianggap pelengkap saja.

Nah, untuk mewujudkan rasa berkeadilan yang sesungguhnya, kini Viralnesia akan membahas lima manfaat hidung yang tidak pernah diperhatikan oleh para manusia. Hewan juga nggak menghiraukan sih, tapi apa iya mau nanya hewan. Please deh.

Ini dia lima manfaat hidung yang sering tidak dihiraukan:

  • Alat untuk bernafas.

Dulu ikut pelajaran Biologi kan? Nah, salah satu fungsi dari hidung disebutkan sebagai alat untuk bernafas. Hidung merupakan filter udara yang paling canggih. Ia bisa menyaring kotoran yang ada di udara seperti debu yang nantinya akan menjadi upil.

  • Alat untuk identifikasi diri.

Setiap bangsa mempunyai ciri khas masing-masing. Ada yang mempunyai hidung mancung dan ada bangsa yang memiliki hidung menjorok ke dalam, bahkan ada bangsa yang mempunyai ukuran hidung yang sedang-sedang saja. Tidak ada yang lebih baik, semuanya hanya untuk identifikasi diri saja.

Lima Manfaat Hidung

  • Alat untuk mendeteksi bau.

Jelas hidung manusia mempunyai batas dalam mendeteksi bau. Tidak seperti anjing yang memiliki daya penciuman yang sangat luar biasa. Manusia hanya bisa membedakan bau wangi, amis, busuk, dan apek.

Mungkin masih ada beberapa jenis bau yang belum diidentifikasi. Kalian mau nambahin?

  • Salah satu organ yang berperan dalam membentuk suara.

Banyak masyarakat yang tidak tahu kalau fungsi dari hidung adalah meresonansi suara. Warna suara bisa berubah jika hidung kalian dioperasi. Nggak percaya? Coba saja.

  • Mengatur suhu dan kelembaban udara yang masuk di dalam tubuh.

Sebenarnya ini masuk ke dalam kategori alat bernafas, cuma lebih spesifik. Fungsi ini adalah untuk menyesuaikan udara yang berasal dari luar tubuh dengan kondisi badan. Sehingga tidak akan ada perbedaan suhu dan kelembaban.

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Fun

Facebook

HITZ!

Advertisement webdewa
To Top