Connect with us

Musim Pancaroba, Jaga Kesehatan Badan Dan Rumah

Merawat Rumah Saat Musim Pancaroba

Uncategorized

Musim Pancaroba, Jaga Kesehatan Badan Dan Rumah

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki dua musim utama, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Berdasarkan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, periode musim kemarau adalah dari bulan April – September. Kemudian musim penghujan dari bulan Oktober – Maret.

Tapi, jangan lupa, Indonesia juga memiliki dua musim tambahan, yaitu musim pancaroba. Bedanya hanya dari kemarau ke penghujan dan dari penghujan ke kemarau. Beda dari dua hal ini hanya terletak pada jumlah curah hujan dan angin yang datang.

Curah hujan dan angin itulah yang membuat rasa tidak nyaman bagi tubuh, serta rasa was-was dan khawatir bagi keadaan rumah. Kalau tubuh tentu saja menjadi lebih rentan terserang penyakit. Sedangkan untuk rumah akan berpotensi untuk rusak atau yang paling sering adalah bocor.

Dindin rumah dan badan manusia, secara fungsi dan peran hampir sama. Mereka perlu perawatan yang lebih ekstra saat memasuki musim pancaroba.

Merawat Rumah Saat Musim Pancaroba

Persoalan yang paling sering ditemui saat musim pancaroba adalah bibir kering dan kulit pecah-pecah. Cat dinding juga tak mau kalah, ia juga mengelupas. Biasanya, cat yang mengelupas disebabkan karena kualitas cat yang kurang baik.

Selain itu, jika cat ini sering terkena air hujan, maka sudah dapat dipastikan cat dinding akan mengelupas.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Sama seperti menyembuhkan badan saat terkenal sakit akibat musim pancaroba. Rumah pun juga perlu diobati dan dirawat dengan tepat, sesuai dengan tingkat kerusakan yang dialami.

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi rumah supaya terhindar dari rasa khawatir dan was-was akibat musim pancaroba adalah menjauhkan piranti atau perabot rumah tangga yang dapat menyerap air dari dinding yang basah.

Selain itu, dinding yang biasanya kena aliran air karena genteng atau atap bocor bisa ditambal menggunakan pelapis anti bocor. Sehingga dinding bisa kering untuk waktu yang lama.

Itulah tips dan trik yang bisa kalian praktikkan di rumah. Jaga selalu kesehatan tubuh dan kondisi rumah. Karena bagaimanapun, di rumah yang nyaman, pasti penghuninya akan selalu sehat.

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

Facebook

HITZ!

Advertisement webdewa
To Top