Connect with us
SBOHOKI

Ngeri! Ternyata Ini Kisah Kelam di Balik Musik Jazz

Musik Jazz

Fun

Ngeri! Ternyata Ini Kisah Kelam di Balik Musik Jazz

Ngeri! Ternyata Ini Kisah Kelam di Balik Musik Jazz

Di zaman ini hampir semua orang mengenal musik jazz. Bagi banyak kalangan, terutama anak muda, musik jazz menjadi sebuah simbol kelas musik elite. Banyak pertunjukan untuk genre musik ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

Sudah mapan dengan anggapan musik kelas atas, ternyata sejarah musik jazz tidak semewah dan segemerlap anggapan yang beredar. Hanya karena penikmat musik jazz saat ini adalah orang-orang berduit, tetap saja tak bisa menghilangkan masa lalu kelam yang melandasinya.

Musik Jazz, Musik Kaum Tertindas

musik jazz dan kaum tertindas

Sejarah Musik Jazz dilatarbelakangi oleh para kaum tertindas (Dok. Istimewa)

Ternyata penderitaan dan penindasan sangat dekat dengan genre musik ini. Musik ini juga sangat dekat dengan kalangan kulit hitam.

Pada masa itu, tepatnya pada masa politik perbedaan kulit di Amerika. Orang kulit hitam merupakan salah satu kaum yang tertindas. Untuk menghibur diri, mereka melahirkan jenis musik yang membawa semangat bertahan hidup dan ekspresi kehidupan yang dialaminya. Musik ini bernama Jazz.

Jazz pertama kali muncul pada akhir abad ke-18 di Amerika Serikat. Sebelum genre musik ini lahir, masyarakat kulit hitam sudah menciptakan musik yang bernama Blues. Dari musik Blues inilah musik Jazz pun tercipta.

Di tahun 1887, musik Blues mulai menemukan bentuk Rag Time. Biasanya permainan ini didominasi oleh alat musik piano. Rag Time sering dimainkan di bar-bar murah untuk masyarakat ekonomi rendah.

Pertemuan dua musik, yaitu Blues dengan Rag Time pun akhirnya menghasilkan gaya musik yang bernama Boogie-Woogie. Ketiga genre musik ini pun berkembang sesuai dengan jalurnya masing-masing. Tapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa ketiga aliran musik inilah yang menjadi cikal bakal Jazz.

Bentuk awal Jazz muncul pada tahun 1915-1917. Saat itu, orang kulit hitan di kota New Orleans AS memainkan musik jazz. Karena genre musik ini memiliki gaya dan irama yang khas, maka para musisi dari kota ini dikenal sebagai Jazz New Orleans.

Perkembangan musik ini juga tidak lepas dari tempat-tempat “lokalisasi”, seperti rumah judi, tempat pelacuran, dan bar-bar murah untuk para pekerja. Usaha dan upaya untuk menghibur diri dari penderitaan yang dialami akhirnya menciptakan karya yang luar biasa. Sayangnya, saat ini musik jazz sudah “direbut” oleh para elite.

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement SBOHOKI
You may also like...
Luna Maharani

Suka Oppa-Oppa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Fun

Facebook

HITZ!

Advertisement
SBOHOKI
SBOHOKI
To Top