Connect with us

Tengok Canggihnya Hyperloop, Teknologi Trasportasi Manusia di Masa Depan

Hyperloop

Viral

Tengok Canggihnya Hyperloop, Teknologi Trasportasi Manusia di Masa Depan

Jika di Indonesia sedang ramai-ramainya soal kereta cepat yang menjadi bahan perdebatan yang sangat alot.

Di negeri Eropa, salah satunya Slovakia kini tengah merancang sebuah teknologi transportasi masa depan yang diberi nama Hyperloop.

Tak lagi kereta api (konvensional) pada umumnya bukan pula kereta cepat, namun sebuah tabung pengangkut manusia yang mampu bergerak dengan kecepatan mencapai 700 mil/jam.

Hyperloop Transportation Technologies memang telah mencapai kesepakatan dengan Slovakia untuk mengeksplor pembangunan sistem angkutan dengan kecepatan super tinggi yang dikenal dengan Hyperloop, dimana sistem ini memungkinkan untuk meluncurkan orang atau kargo melalui sebuah tabung bertekanan tinggi.

Nantinya, sistem ini berpotensi untuk menghubungin kota-kota di Eropa seperti Bratislava, Wina, dan Budapest. Misalnya jarak 50 mil antara Bratislava-Wina yang biasanya ditempuh selama satu jam melalui jalur darat hanya akan ditempuh dalam waktu 8 menit saja dengan menggunakan Hyperloop.

Hyperloop

CEO Hyperloop Transportation Technologies, Dirk Ahlborn menyatakan bahwa kehadiran Hyperloop di benua Eropa nantinya akan meningkatkan kolaborasi dan inovasi di Slovakia dan seluruh Eropa.

Teknologi transportasi masa depan mungkin masih menjadi impian yang tinggi bagi kita, bagaimanapun juga soal kereta cepat saja, kita pun masih terlalu larut dalam perdebatan, meski memang masih banyak hal yang patut dipertanyakan, misalnya untuk mempertimbangkan kegunaan dan sebagainya.

Shervin Pishevar dari perusahaan Hyperloop One mengungkapkan bahwa ini adalah momen besar, dimana kami akan membuat sejarah, ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa sistem ini akan mampu mengantarkan banyak orang dalam sebuah kargo lebih cepat dari semua kendaraan yang pernah diciptakan di muka bumi.

“Transportasi ini pun juga lebih aman, lebih cepat, dan lebih bersih,” tambahnya.

Alat transportasi ini diklaim akan mampu mengangkut banyak orang dengan kecepatan hingga 1200 kilometer per jam. Dari hasil uji coba tersebut, konsep yang mereka terapkan sudah dapat berhasil.

Dalam uji coba terbaru yang dilakukan Hyperloop One, kecepatan tertinggi sekitar 113 kilometer per jam. Pada uji coba selanjutnya, perusahaan tersebut akan menaikkan standarnya menjadi 400 kilometer per jam.

Facebook Comments
Continue Reading
Advertisement
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Viral

Facebook

HITZ!

Advertisement webdewa
To Top